FAKTA-FAKTA UNIK SEPUTAR SMA NEGERI 3 TENGGARONG

(Postingan ini merupakan informasi semata tanpa ada maksud apapun, selamat membaca!)

SMA Negeri 3 Tenggarong merupakan salah satu sekolah negeri pemerintah kabupaten Kukar yanng terletak di Tenggarong. SMA ini merupakan juga salah satu SMA yang bisa dikatakan memiliki beberapa fakta-fakta kontroversial yang menarik untuk dibahas.

Berikut ini merupakan beberapa fakta-fakta unik seputar SMAN 3 Tenggarong.


1. Letak SMAN 3 Tenggarong
Diresmikan dengan nama SMA NEGERI 3 UNGGULAN TENGGARONG, bukan berarti SMA ini sudah layak dikatakan Unggulan. apalagi bila dilihat dari letak SMAN 3 Tenggarong sendiri. Bila berbicara tentang letak, bisa dikatakan SMAN 3 Tenggarong antara terkenal dan tidak. Pasalnya, bila bertanya tentang letak maupun keberadaan SMAN 3 di Tenggarong sendiri, banyak masyarakat yang tidak mengetahui dimana SMAN 3 itu dan apakah memang ada SMAN 3 itu. Namun, apabila bertanya tentang letak SMAN 3 Tenggarong di luar kecamatan Tenggarong itu sendiri, banyak yang mengetahui letak dan keberadaannya. jadi intinya, SMAN 3 Tenggarong sendiri lebih terkenal diluar Tenggarong, daripada di Tenggarong sendiri. Mengapa bisa begitu?


2. Gedung SMAN 3 Hanya "Simbolis"?
Isu ini merebak terkait dengan lamanya penyelesaian pembangunan SMAN 3 Tenggarong. Pembangunan yang awalanya dimulai dari angkatan 1 SMAN 3 ini dikatakan menghabiskan dana miliaran rupiah dan merupakan gedung termewah di Kukar sendiri. Namun faktanya seiring berjalannya waktu, gedung ini tetap saja belum ditempati siswanya walaupun dikatakan gedung ini siap untuk ditempati. Sampai dengan tulisan ini dibuat (angkatan 8), gedung ini belum ditempati samasekali dan hanya bisa dikatakan sebagai "simbolis" SMAN 3 Tenggarong. sayang sekali


3. SMAN 3 Tenggarong Terkait Media Pers (Koran)
Beberapa kali masuk koran, tidak membuat SMAN 3 Tenggarong menjadi SMAN 3 yang mendapat perhatian lebih dari pemerintah Kabupaten. Ini merupakan fakta dimana siswa dan guru-guru sendiri mengaku bahwa, berita mengenai SMAN 3 Tenggarong di koran mendapat respon yang lambat bahkan tidak ada dari pemerintah setempat, baik itu mengenai Prestasi siswa, fasilitas siswa, bahkan kontroversi-kontroversi SMAN 3 Tenggarong yang lain.


4. Mitos Genap dan Ganjil
Entah siapa yang membuat mitos ini, namun banyak yang mempercayai bahwa mitos ini berlaku di SMAN 3 Tenggarong. Mitos ini berkembang sejalan dengan banyaknya perbedaan identik antara genap dan ganjil. Namun faktanya mitos ini merupakan mitos yang kurang baik karena hanya menimbulkan perbedaan yang signifikan. Banyaknya oknum SMAN 3 Tenggarong yang mempercayai mitos ini, membuat banyaknya hal-hal buruk yang timbul akibat mitos ini. Oleh karena itu, banyak yang menekan untuk menghilangkan mitos ini hingga mitos ini berhenti dan tidak pernah terdengar lagi semenjak memasuki angkatan ke-7 SMAN 3 Tenggarong.


5. Fasilitas Kebutuhan Makanan SMAN 3 Tenggarong
Berbicara tentang makan, hal ini merupakan salah satu kebutuhan vital setiap manusia yang harus terpenuhi. Namun hal ini berbeda dengan apa yang terjadi di SMAN 3 Tenggarong. Siswa SMAN 3 bisa dikatakan harus bertahan hidup sendiri beberapa bulan di awal tahun karena setiap awal tahun tersebut, pasokan makanan akan terhenti. Hal ini terkait dengan lambannya pemerintah setempat untuk melakukan perlelangan guna mencari catering yang mau mengambil tugas untuk memasok makanan di SMAN 3 Tenggarong. Alhasil semenjak tahun 2010 lalu, setiap tahunnya siswa SMAN 3 Tenggarong harus bertahan hidup sendiri tanpa ada tanggung jawab dari pemerintah setempat yang notabennya "Pembuat SMAN 3 Tenggarong". Cukup miris


6. Siswa SMAN 3 Tenggarong Berasal dari Berbagai Daerah di Kalimantan
Ini merupakan fakta, dimana siswa yang bersekolah di SMAN 3 Tenggarong sendiri tidak hanya berasal dari Tenggarong saja, namun berasal dari Berbagai daerah di Kalimantan seperti Pontianak, Kembang Janggut, Muara Jawa, Muara Badak, dan daerah-daerah lain yang cukup jauh dari Tenggarong.


7. Dua Klub Terbesar di SMAN 3 Tenggarong
Bila berbicara tentang KIR (Kelompok Ilmiah Remaja), SMAN 3 memiliki ciri khas yang unik setiap tahunnya. Dua klub terbesar, yakni Klub Biologi dan English Club merupakan klub favorit terbesar dan terbanyak peminatnya di SMAN 3 Tenggarong sendiri. Entah mengapa, tapi memang begitulah kenyataannya.


8. SMAN 3 Tenggarong, "Sekolah Terluas dan Terpisah"
Setiap Kelas di sekolah manapun pasti terpisah, namun berbeda dengan SMAN 3 Tenggarong. Makna "terpisah" disini berarti benar-benar terpisah! tidak percaya?
SMAN 3 tenggarong memiliki daerah sekolah yang paling luas, mengapa? Karena sekolah ini mencakup 2 kota sekaligus. untuk kelas X, mereka akan menempati sekolah yang letaknya di L1 Tenggarong Sebrang. Sedangkan, untuk kelas XI dan XII akan menempati sekolahnya di Tenggarong. Hal itu yang menyebabkan sekolah ini dikatakan sekolah "Terluas" di Indonesia, namun tidak lupa juga "Terpisah".


9. Revolusi di Angkatan VI
Keadaan SMAN 3 benar-benar berubah total semenjak masuknya angkatan VI SMAN 3 Tenggarong. Ini dikarenakan beberapa hal meliputi fasilitas, guru, mitos, dan lain-lain berubah pada masa angkatan VI. oleh karena itu dikatakan bahwa SMAN 3 berubah semenjak angkatan VI yang otomatis berdampak langsung baik dan buruknya ke angkatan VI itu sendiri.

Demikianlah fakta-fakta seputar SMAN 3 TENGGARONG pada postingan kali ini. Sekali lagi, ini bukan merupakan kontroversi yang bertujuan untuk diangkat, namun ini hanya merupakan sekedar informasi untuk para pembaca. Terimakasih telah membaca ^_^

3 comments:

  1. wihh.. bagus juga nih sma nya . klo misalnya smpnya dari bandung bisa gk gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok,soalnya kmrn angkatan saya dri makasar dan blora jga ad

      Delete